Kimia Farma kini masuk dalam bisnis properti

Kimia-Farma-Angpao888-Jurnal-Asia-21072014
Apotik Kimia Farma | Dibaca 13

JAKARTA – Property.Angpao888.com : PT Kimia Farma Tbk tak mau lama-lama menggantang cita-cita. Produsen obat plat merah ini bakal merealisasikan rencana untuk mengubah aset-aset tak produktifnya menjadi hotel. Kabar terbaru, Kimia Farma sudah meneken perjanjian kerjasama dengan pihak ketiga untuk membangun hotel di tiga lokasi.

Tiga aset tidak produktif yang bakal disulap menjadi hotel tersebut berlokasi di Senen (Jakarta Pusat), Matraman (Jakarta Timur) dan kawasan Dago (Bandung). Perusahaan berkode KAEF di Bursa Efek Indonesia ini berencana mendirikan hotel bintang 3 atau hotel 4.

Sebagai informasi, Kimia Farma tercatat memiliki lahan seluas 1.200 meter persegi (m²) di Senen. Lantas di Matraman dan Dago, perusahaan ini memiliki lahan seluas, masing-masing, 4.000 m² dan 3.000 m².

Sayangnya, meski mengaku telah mendapatkan mitra bisnis, Kimia Farma belum mau membeberkan identitas sang mitra bisnis. “Untuk tiga lokasi itu kami sudah mendapatkan pemenang tendernya setelah melalui proses pitching dari awal tahun ini,” kata Direktur Utama Kimia Farma Rusdi Rosman kepada KONTAN, Jumat (18/7).

Yang pasti, kesepakatan kedua perusahaan tersebut paling tidak mencakup tiga klausul. Pertama, menempatkan apotik dan klinik di dalam calon ketiga hotel tadi.

Kedua, semua biaya investasi menjadi tanggungan mitra bisnis Kimia Farma. “Kami tak keluar duit sepeser pun karena seluruh biaya pembangunan ditanggung pihak ketiga,” ungkap Rusdi.

Lantaran Kimia Farma tidak urunan dana pembangunan, perusahaan ini baru bisa menikmati cuan bisnis hotel pada tahun ketiga setelah hotel tersebut resmi menerima tamunya pertama kali. Dus, di tahun pertama sampai ketiga, Kimia Farma hanya menadah cuan dari hasil penjualan obat di apotik dan klinik di dalam hotel tadi.

Kimia Farma menyebut model kerjasama pembangunan hotelnya dengan nama revenue sharing. Namun, Rusdi belum bisa memaparkan lebih rinci bentuk revenue sharing yang dimaksud ini.

Ketiga, setelah 25 tahun hotel beroperasi, Kimia Farma akan memiliki hotel-hotel tersebut seutuhnya.

 

Pages: 1 2

Comment Here