Bangunan Ini Diduga untuk Memuja Matahari

puja-matahari-Angpao888-Detik-22052014

Bangunan Kuno | Dibaca 13

Property.Angpao888.com : Bangunan-bangunan kuno sering menjadi petunjuk bagi ahli arkeologi untuk menggambarkan kehidupan masyarakat di masa lalu. Salah satunya adalah Petra di Yordania Selatan.

Hingga kini manfaat bangunan yang konon dihuni oleh masyarakat Nabatean itu masih jadi misteri. Para ahli perhitungan lengkung langit menemukan bahwa bangunan ini berdiri tepat dibawah jalur sinar matahari.

Khususnya pada masa equinox dan solstice, yakni sepekan sesudah dan sebelum musim dingin. Karenanya kemungkinan bangunan ini memang dibangun untuk pemujaan terhadap terhadap matahari.

Petra memang baru 85 persen saja yang sudah di ekskavas. Tak heran hanya sedikit yang dipahami akan keberadaan bangunan ini. Petra terdiri dari candi, gua kuburan, dan beberapa rumah yang masih berdiri di dalamnya. Semua itu dibangun sekitar 2.300 tahun lalu.

“Aku kita kita tak cukup memahami betapa pentingnya beberapa struktur bangunan yang ada di Petra,” kata Megan Perry, salah seorang profesor Departemen Antropologi, East Carolina University, seperti dikutip dari CNN (19/5/2014)

Baru-baru saja tim peneliti pimpinan Juan Antonio Belmonte dari Institute of Astrophysics of the Canary Islands (IAC) mencoba meneliti struktur kuno ini dengan mengukur garis bujur dan lintangnya.

Hasil temuan mereka yang dipublikasikan di Nexus Network Journal, menyimpulkan bahwa bangunan itu ini dibuat untuk memuja dewa matahari. Khususnya pada dua saat penting itu.

Oleh Utami Widowati | Detik.com  

Comment Here